Orang Ketiga Pertama

Sudah satu jam aku memandangi foto yang ada di layar laptop. Tetap saja aku tidak bisa menebak, siapa orang di foto itu. “Orang ketiga pertama”, hanya itu petunjuk di balik foto. Yang dimaksud “orang ketiga pertama” oleh ayah, pasti adalah orang ketiga yang ada di barisan pertama. Pasti dialah pembunuh ayah. Siapa orang ini?

“Sayang, aku berangkat dulu ya,” Mas Dirga mencium kening dan bibirku.
“Iya, hati-hati sayang,” aku mencium tangan Mas Dirga, kemudian dia memelukku erat sekali. Aneh, tidak seperti biasanya dia begini. “Kamu aneh deh..”
“Apanya? Masa meluk istri sendiri nggak boleh?” Mas Dirga tertawa pelan dan mengelus rambutku. “Hati-hati di rumah”.
“Iya”

***

“Bu, ada pak polisi mencari ibu,” Tinah berlari menghampiriku yang sedang memasak di dapur.
“Ini tinggal ditunggu sampai empuk aja ya, Tin,” aku mencuci tangan dan bergegas ke ruang tamu.

“Siang, Bu Ema,” Briptu Andi berdiri dan menjabat tanganku.
“Siang, Pak Andi. Bagaimana hasilnya?”
“Kami sudah berhasil memperjelas wajah dalam foto yang ibu berikan. Apa Anda kenal dengan orang ini?” Briptu Andi memberikan hasil print foto.
“Masih agak kurang jelas ya, pak. Tapi saya sepertinya kenal dengan orang ini. Tanda lahir di lehernya…Ya Tuhan…”
“Bu Ema kenal?”
“Ini…ini suami saya, pak”
Aku berdiri dan berlari ke kamar. Aku mencocokkan foto yang kupegang dengan foto yang ada di dinding kamar. Pakaiannya sama persis, begitu juga tanda lahirnya. Wajah di foto dari Briptu Andi agak kurang jelas, tapi aku yakin ini Mas Dirga, dalam versi lebih muda.

Aku membuka lemari Mas Dirga, dan tidak menemukan satupun pakaian disana. Aku memandang Briptu Andi yang ada di sebelahku dan terisak, “Mas Dirga…”

Orang Ketiga Pertama

6 thoughts on “Orang Ketiga Pertama

Leave a Reply

